dc.description.abstract | Peningkatan kualitas pendidikan dapat meningkatkan daya saing Indonesia
dalam mendukung tercapainya SDGs pada tahun 2030. Kompensasi yang di
dapatkan oleh guru honorer SD di desa lingkar kampus IPB masih berada di bawah
UMR dan mayoritas guru SD di donimasi oleh guru honorer. Tujuan penelitian ini
untuk mengidentifikasi persepsi guru honorer SD di desa lingkar kampus IPB
mengenai penerapan quality of work life dan motivasi guru honorer SD di desa
lingkar kampus IPB, serta menganalisis pengaruh quality of work life terhadap
motivasi guru SD di desa lingkar kampus IPB. Data yang diperoleh pada penelitian
ini dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis
regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 51 guru
honorer. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru honorer SD di desa
lingkar kampus IPB mengenai quality of work life dan motivasi secara keseluruhan
sudah baik. Pengaruh quality of work life terhadap motivasi secara positif dan
signifikan terdapat pada faktor budaya dan iklim organisasi, hubungan dan
kerjasama, kompensasi dan imbalan, dan otonomi pekerjaan. | id |