Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Lokal Merek A pada Generasi Z
Date
2022Author
Putri, Namira Dwi Aprilia Seno
Djamaludin, Ir. Moh. Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Meningkatnya tren berbelanja online perlu diiringi dengan perilaku
konsumen yang cerdas saat membeli barang dan jasa dengan mempertimbangkan beberapa hal, dari segi kebutuhan, keinginan, dan yang dapat memberikan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh persepsi harga dan persepsi kualitas terhadap kepuasan konsumen produk kosmetik lokal merek A pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan menggunakan kuesioner online melalui google form dengan jumlah responden sebanyak 318 orang. Data yang diperoleh diolah menggunakan Microsoft Excel 2013, SPSS, dan LISREL. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa usia dan pendidikan terakhir berhubungan positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas. Frekuensi pembelian produk kosmetik lokal merek A juga ditemukan berhubungan positif dan signifikan dengan persepsi harga, persepsi kualitas, dan kepuasan konsumen. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas dan kepuasan konsumen. Persepsi kualitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.