Show simple item record

dc.contributor.advisorRahmawati, Siti
dc.contributor.advisorKartika, Lindawati
dc.contributor.authorSulistianto, Tino
dc.date.accessioned2022-07-17T23:48:46Z
dc.date.available2022-07-17T23:48:46Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112558
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan pada berkembangnya era revolusi 4.0 yang menjadikan content creator salah satunya yaitu YouTuber sebagai alternatif pilihan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pendapatan yang diperoleh YouTuber dengan pekerja sektor formal seperti Banking and Financial Services, Consumer Goods and Services, Engineering, Hi Tech, dan Life Science. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan profitabilitas YouTuber. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penentuan sampel menggunakan metode non- probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata pendapatan yang diperoleh YouTuber lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan dari sektor formal. Hasil AHP menunjukkan faktor yang sangat berpengaruh adalah personal branding. Aktor yang sangat berpengaruh adalah content writer. Meningkatkan jumlah viewers merupakan tujuan yang paling diprioritaskan oleh YouTuber dalam meningkatkan profitabilitas. Alternatif strategi yang paling penting dilakukan oleh YouTuber adalah membuat konten dengan topik yang up to date.id
dc.description.abstractThis study is motivated by the development of the 4.0 revolution era, which has positioned content creators, namely YouTubers, as an alternative job option. The purpose of this study is to analyzed the comparison of income between YouTubers and workers from the formal sector such as banking and financial services, consumer goods and services, engineering, hi-tech, and life science. This study also analyzed the strategy to increase the profitability of YouTubers. This study used descriptive analysis and Analytical Hierarchy Process (AHP). The sample was chosen using non-probability sampling method. The results showed that the average income earned by YouTubers are higher than employees from the formal sector. The AHP’s results also showed that the most influential factor is personal branding. The most influential actor is the content writer. Increasing the number of viewers is the most prioritized goal by YouTubers to increase profitability. The most important alternative strategy for YouTubers is to create content with up-to-date topics.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Peningkatan Profitabilitas Profesi Content Creator Sebagai Alternatif Pilihan Karier Era 4.0id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnalytical Hierarchy Processid
dc.subject.keywordEarningid
dc.subject.keywordSustainable Careerid
dc.subject.keywordYouTuberid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record