Keberdayaan konsumen penyandang disabilitas: Peran self esteem, aksesibilitas, dan akses informasi.
Date
2022Author
Rahmi, Fauzia
Simanjuntak, Megawati
Dewi, Santi Utami
Metadata
Show full item recordAbstract
Keberdayaan konsumen merupakan kondisi subjektif konsumen untuk mencari informasi, mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen, dan berani untuk menyampaikan keluhan jika merasa tidak puas saat menggunakan suatu layanan. Penyandang disabilitas termasuk pada golongan masyarakat yang rentan dan berhak untuk menerima perlindungan khusus dari lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh self esteem, aksesibilitas, dan akses informasi terhadap keberdayaan konsumen penyandang disabilitas. Selain itu, menganalisis hubungan karakteristik responden dengan self esteem, aksesibilitas, akses informasi, dan keberdayaan konsumen penyandang disabilitas. Metode penelitian ini menggunakan mix methods yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif dengan survei secara daring pada 100 konsumen penyandang disabilitas. Penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam pada 5 responden penyandang disabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan SEM menggunakan aplikasi SPSS 25.0 dan SmartPLS 3. Hasil penelitian, variabel self esteem dan akses informasi berpengaruh positif signifikan terhadap keberdayaan konsumen penyandang disabilitas. Jenis kelamin memiliki hubungan signifikan dengan harga diri penyandang disabilitas. Tingkat harga diri penyandang disabilitas berada pada kategori sedang. Indeks keberdayaan konsumen penyandang disabilitas berada pada kategori tidak berdaya. Hasil skor berdasarkan traffic light system, pada dimensi pengetahuan konsumen penyandang disabilitas memiliki skor terendah. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara lembaga perlindungan konsumen dan pemerintah untuk meningkatkan keberdayaan konsumen penyandang disabilitas di Indonesia. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan pengetahuan konsumen terkait hak dan kewajiban konsumen.