Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorRatono, Joko
dc.contributor.authorAqmarina, Izzati
dc.date.accessioned2022-04-26T00:25:00Z
dc.date.available2022-04-26T00:25:00Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111673
dc.description.abstractDalam lima tahun terakhir, penjualan smartphone meningkat rata-rata 2% per tahun. Peningkatan ini didukung oleh era globalisasi dan teknologi yang menjadikan smartphone menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Pada tingkat persaingan antar pemain ritel modern yang sangat kompetitif, secara langsung menyebabkan PT ERP harus melakukan strategi untuk meningkatkan penjualannya. PT ERP sebagai salah satu pelaku ritel perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan dengan kompetitor serta perlu mengenali peluang dan ancaman yang ada di pasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pangsa pasar penjualan PT ERP dan tingkat pertumbuhan volume penjualan (2) menganalisis kekuatan dan kelemahan internal pt. ERP serta peluang dan ancaman bagi PT ERP (3) merumuskan dan strategi pemasaran yang efektif untuk PT ERP untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan diskusi kelompok terbimbing, wawancara mendalam dan menggunakan analisis matriks BCG serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO yang dapat diterapkan adalah PT ERP harus fokus pada penguatan materi pemasaran terkait keresmian produk, serta gencar melakukan promo tukar tambah untuk outlet yang berada di Mall. Strategi WO yang dapat diterapkan adalah kerjasama dengan brand terkait pelatihan penjualan, memperluas jangkauan harga melalui saluran penjualan online, dan menggunakan aplikasi penjadwalan promosi untuk promosi sosial media. Strategi ST adalah membuka gerai di luar Mall, memberikan info kepada konsumen terkait legalitas barang yang dijual, serta memberikan harga tinggi untuk program tukar tambah. Strategi WT yang dapat dilakukan adalah strategi penguatan harga dan pelaksanaan promosi terjadwal.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran PT. ERP Sebagai Pelaku Ritel Smartphone Modernid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordRitelid
dc.subject.keywordSmartphoneid
dc.subject.keywordStrategi Pemasaranid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record