View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Strategi Pemasaran PT. ERP Sebagai Pelaku Ritel Smartphone Modern

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (521.1Kb)
      Fulltext (1.258Mb)
      Date
      2022
      Author
      Aqmarina, Izzati
      Suroso, Arif Imam
      Ratono, Joko
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dalam lima tahun terakhir, penjualan smartphone meningkat rata-rata 2% per tahun. Peningkatan ini didukung oleh era globalisasi dan teknologi yang menjadikan smartphone menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Pada tingkat persaingan antar pemain ritel modern yang sangat kompetitif, secara langsung menyebabkan PT ERP harus melakukan strategi untuk meningkatkan penjualannya. PT ERP sebagai salah satu pelaku ritel perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan dengan kompetitor serta perlu mengenali peluang dan ancaman yang ada di pasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pangsa pasar penjualan PT ERP dan tingkat pertumbuhan volume penjualan (2) menganalisis kekuatan dan kelemahan internal pt. ERP serta peluang dan ancaman bagi PT ERP (3) merumuskan dan strategi pemasaran yang efektif untuk PT ERP untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan diskusi kelompok terbimbing, wawancara mendalam dan menggunakan analisis matriks BCG serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO yang dapat diterapkan adalah PT ERP harus fokus pada penguatan materi pemasaran terkait keresmian produk, serta gencar melakukan promo tukar tambah untuk outlet yang berada di Mall. Strategi WO yang dapat diterapkan adalah kerjasama dengan brand terkait pelatihan penjualan, memperluas jangkauan harga melalui saluran penjualan online, dan menggunakan aplikasi penjadwalan promosi untuk promosi sosial media. Strategi ST adalah membuka gerai di luar Mall, memberikan info kepada konsumen terkait legalitas barang yang dijual, serta memberikan harga tinggi untuk program tukar tambah. Strategi WT yang dapat dilakukan adalah strategi penguatan harga dan pelaksanaan promosi terjadwal.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111673
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository