Show simple item record

dc.contributor.advisorHardjomidjojo, Hartrisari
dc.contributor.advisorDarmawan, Muhammad Arif
dc.contributor.authorRamdani, Rahmat
dc.date.accessioned2021-11-04T05:50:30Z
dc.date.available2021-11-04T05:50:30Z
dc.date.issued2021-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109806
dc.description.abstractKabuapetn Bogor merupakan kabupaten dengan jumlah UMKM terbanyak di Provinsi Jawa Barat yaitu 372 070 usaha atau sebesar 8.1 persen. Sebanyak 64% memberikan kontribusi besar untuk Pemerintah Kabupaten Bogor baik peningkatan perekonomian masyarakat maupun penyerapan tenaga kerja. Namun, masih terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kinerja UMKM di Kabupaten Bogor belum optimal. Kemajuan teknologi informasi mendorong dibutuhkannya sistem informasi UMKM yang dapat menjadi alat pengambilan keputusan untuk UMKM dan pemangku kepentingan UMKM. Tahapan penelitian mengacu pada metode System Development Life Cycle (SDLC). Penelitian ini mempunyai tahapan : 1) identifikasi masalah, 2) analisis sistem, 3) desain sistem, 4) implementasi sistem dan 5) pengujian dan evaluasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menampilkan data spasial UMKM, tabel database UMKM dan mampu melakukan simulasi peningkatan kinerja UMKM . berdasarkan hasil pengujian dengan pemangku kepentingan didapatkan hasil bahwa sistem informasi dapat menjadi alat untuk pengambilan keputusan pegiat UMKM.id
dc.description.abstractBogor Regency is the district with the highest number of MSMEs in West Java Province, namely 372 070 businesses or 8.1 percent. A total of 64% made a major contribution to the Bogor Regency Government both in improving the community's economy and in absorbing labor. However, there are still several factors that cause the performance of MSMEs in Bogor Regency is not optimal. Advances in information technology encourage the need for an MSME information system that can be a decision-making tool for MSMEs and MSME stakeholders. The research stages refer to the System Development Life Cycle (SDLC) method. This research has stages: 1) problem identification, 2) system analysis, 3) system design, 4) system implementation and 5) system testing and evaluation. The result of this research is a web-based application that can display MSME spatial data, MSME database tables and is able to simulate MSME performance improvement. based on the results of testing with stakeholders, it was found that the information system can be a tool for decision making for MSME activists.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleDesain Sistem Informasi UMKM Agroindustri di Kabupaten Bogorid
dc.title.alternativeDesigning Information System for Agroindustry MSME’s in Bogor Regencyid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKabupaten Bogorid
dc.subject.keywordSystem Development Life Cycleid
dc.subject.keywordsistem informasiid
dc.subject.keywordUMKMid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record