View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Efektivitas Model Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Keteknikan di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (522.7Kb)
      Fullteks (14.18Mb)
      Lampiran (504.2Kb)
      Date
      2021
      Author
      Novitasari, Amilia
      Fahmi, Idqan
      Priadi, Cindy Rianti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tren pembelajaran daring menjadi pilihan pada tahun 2020, ketika pandemi Covid-19 menyebabkan perguruan tinggi membatalkan kelas tatap muka dan memaksa para pengajar untuk menerapkan model pembelajaran daring, dimana saat ini pendidikan keteknikan dituntut untuk menerapkan inovasi dalam pengajarannya, agar kompetensi yang dijanjikan oleh sebuah program studi keteknikan dapat tercapai secara efektif. Mata kuliah wajib dasar Teknik yang ada di semester pertama dan semester kedua menjadi penting, sebagai dasar untuk dapat melanjutkan ke semester selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas penggunaan model pembelajaran daring serta merumuskan strategi peningkatan efektivitas untuk mata kuliah keteknikan di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTSL FTUI) sebagai rekomendasi penerapan blended learning di masa new normal kedepannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner skala Likert 5 titik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel saturation sampling (sampel jenuh) atau sensus, yaitu dengan menggunakan seluruh sampel yang ada di dalam populasi. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa program sarjana angkatan 2018, 2019 dan angkatan 2020 DTSL FTUI yang telah mengambil mata kuliah dasar wajib Teknik. Karena penelitian ini membandingkan antara pembelajaran daring dan luring maka sampel disamakan, yaitu untuk luring dan daring masing-masing sebanyak 117 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS (Structural Equation Model - Partial Least Square) guna menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas penggunaan model pembelajaran daring untuk mata kuliah keteknikan di DTSL FTUI. Guna menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran daring terhadap luring untuk mata kuliah keteknikan bagi mahasiswa di DTSL FTUI digunakan uji Mann-Whitney dan guna merumuskan strategi peningkatan efektivitas penggunaan model pembelajaran daring untuk mata kuliah keteknikan di DTSL FTUI dilakukan analisis menggunakan Diagram Kartesius. Berdasarkan uji Mann-Whitney untuk membandingkan antara pembelajaran daring dan luring non praktikum dan praktikum, didapatkan hasil yaitu untuk variabel pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan waktu memiliki hasil yang signifikan dengan nilai p-value < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan efektivitas pembelajaran daring dilihat dari variabel pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan waktu dinilai cukup efektif, meskipun dari variabel efektivitas pembelajaran itu sendiri hasilnya tidak signifikan, yang artinya tidak ada perbedaan antara saat pembelajaran luring maupun daring. Berdasarkan analisis SEM PLS, indikator waktu belajar yang efektif memberikan kontribusi terbesar dalam variabel pengelolaan waktu sebesar 0.891 4 sedangkan indikator penggunaan media pembelajaran memiliki kontribusi terbesar terhadap variabel pelaksanaan pembelajaran sebesar 0.754. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan waktu berpengaruh nyata terhadap efektivitas pembelajaran daring. Meskipun pengelolaan waktu memiliki loading factor terbesar, yang artinya memiliki pengaruh paling besar terhadap efektivitas pembelajaran daring, namun memiliki nilai persepsi responden yang rendah, sehingga berada pada kuadran high priority atau yang menjadi perhatian untuk perbaikan. Hasil penelitian perlu ditindaklanjuti secara strategis dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran baik secara asynchronous ataupun synchronous guna menunjang pembelajaran daring serta memfasilitasi pengadaan peralatan pembelajaran dan mengadakan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan perkuliahan daring ini. Sosialisasi penggunaan digital library kepada mahasiswa sehingga memudahkan untuk mahasiswa mencari referensi dan sumber bacaan lainnya yang terkait dengan pembelajaran.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109714
      Collections
      • MT - Business [325]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository