Pengaruh Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, dan Pendapatan Individu terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial di DKI Jakarta
Abstract
Era globalisasi saat ini dapat memberikan berbagai dampak yang dapat mempengaruhi suatu perilaku seseorang yaitu perilaku keuangan (behavior finance) pada generasi milenial di DKI Jakarta. Generasi milenial memiliki stigma yang cenderung boros, sulit untuk menabung, memiliki gaya hidup yang tinggi, dan juga konsumtif, sehingga menunjukkan generasi milenial belum memiliki perilaku manajemen keuangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan pendapatan individu terhadap perilaku manajemen keuangan generasi milenial di DKI Jakarta. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap keuangan, dan pengetahuan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan generasi milenial di DKI Jakarta, dan untuk pendapatan individu tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan generasi milenial di DKI Jakarta. The current era of globalization gives various impacts that can affect a person's behavior, namely financial behavior (behavior finance) in the millennial generation in DKI Jakarta. The millennial generation has a stigma that tends to be extravagant, difficult to save, has a high lifestyle, and is also consumptive, thus showing the millennial generation does not yet have good financial management behavior. This study aims to analyze the effect of financial attitudes, financial knowledge, and individual income on financial management behavior of millennials in DKI Jakarta. The sampling technique was carried out using non-probability sampling with purposive sampling method. The data analysis method used was SEM-PLS analysis. The results of this study indicated that financial attitudes and financial knowledge had a positive and significant effect on the financial management behavior of the millennials generation in DKI Jakarta, and for individual income it had no significant effect on the financial management behavior of the millennials generation in DKI Jakarta.
Collections
- UT - Management [3448]