Faktor yang Memengaruhi Impulse Buying Behavior Generasi Z Selama Pandemi Covid-19 pada E- commerce Shopee (Studi Kasus di Indonesia)
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak serius terhadap berbagai sektor secara global, khususnya sektor perekonomian. Kondisi saat ini memicu ketakutan, kepanikan dan ketidakpastian sehingga semua orang harus menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan. Hal ini membuat keinginan untuk berbelanja secara online meningkat. Salah satunya melalui e-commerce shopee. Popularitas mobile shopping membuat perilaku berbelanja tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga pembelian impulsif lebih umum terlihat pada masa ini. Penelitian ini bertujuan untuk membahas faktor yang memengaruhi impulse Buying Behavior pada generasi Z selama pandemi Covid-19. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan metode purposive sampling dengan teknik non- probability sampling. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square (PLS) dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived uncertainty berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying selama pandemi Covid-19. Kata
Collections
- UT - Management [2863]