Peran Gaya Pengasuhan, Kontrol Diri, dan Kemampuan Adaptasi pada Tingkat Stres Akademik Siswa SMA selama Pembelajaran Online
Abstract
Pandemi Covid-19 memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran online yang berdampak pada meningkatnya stres akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gaya pengasuhan, kontrol diri, dan kemampuan adaptasi terhadap tingkat stres akademik siswa selama pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 136 siswa SMA Negeri di Kabupaten Banyuwangi yang diambil dengan menggunakan teknik voluntary sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan positif antara jenis kelamin, gaya pengasuhan otoritatif, dan kontrol diri dengan kemampuan adaptasi. Selain itu, kontrol diri dan kemampuan adaptasi juga berhubungan signifikan negatif dengan tingkat stres akademik. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kemampuan adaptasi berpengaruh signifikan negatif terhadap tingkat stres akademik siswa. Untuk itu, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan adaptasi selama pembelajaran online.