View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Pengembangan Wakaf Berbasis Pesantren (Studi Kasus : Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung)

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (1.980Mb)
      Fullteks (1.980Mb)
      Lampiran (1.979Mb)
      Date
      2021
      Author
      Saputra, Danu Chandra
      Arsyianti, Laily Dwi
      Saptono, Imam Teguh
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Wakaf merupakan upaya mewujudkan kesejahteraan. Potensi wakaf di Indonesia yang sangat besar memerlukan nadzir yang amanah, profesional dan terpercaya. Saat ini perkembangan nadzir didominasi oleh perorangan, sehingga diperlukan nadzir lembaga yang telah terpercaya, amanah dan profesional dalam pengelolaan wakaf. Pesantren Daarut Tauhiid adalah salah satu nadzir lembaga yang telah menerapkan sertifikasi ISO 9001:2015. Tujuan penelitian mengidentifikasi, menganalisis dan menghasilkan model manajemen wakaf berbasis pesantren melalui pendekatan BMC, SWOT dan ANP. Penelitian menghasilkan Business Model Canvas (BMC) final yang telah diberikan bobot prioritas yaitu elemen key resources dengan peningkatan kompetensi SDM yang menjadi strategi paling prioritas, selanjutnya diikuti oleh elemen revenue stream dengan diversifikasi produk mitra bisnis. Channels, kolaborasi intensif lembaga wakaf dan zakat. Elemen cost structure dengan optimalisasi produktifitas aset wakaf. Key partnership melalui peningkatan kerja sama dengan Pemerintah, Lembaga keuangan syariah penerima wakaf uang (LKS PWU) dan mitra bisnis. Customer segments dengan memperluas segmen wakif dan mauquf ‘alaih berdaya. Key activities dengan kerja sama pemeliharaan aset wakaf bersama stakeholders. Customers relationships dengan operasional teknologi informasi terintegrasi. Elemen BMC awal yang dipertahankan yaitu mobilisasi, pengelolaan dan distribusi wakaf (key activities) juga elemen (value propositions) dengan terpercaya dan profesional melalui sertifikasi ISO nomor 9001:2015, wakif yang melakukan wakaf di lembaga wakaf Daarut Tauhiid (revenue stream) dan mauquf ‘alaih berdaya (customer segments).
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107264
      Collections
      • MT - Business [319]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository