Show simple item record

dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorHusna, Nabila Tatmainul
dc.date.accessioned2021-01-25T10:08:22Z
dc.date.available2021-01-25T10:08:22Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105402
dc.description.abstractKeterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran merupakan faktor keberhasilan akademik. Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran mampu mengatasi kebosanan dalam belajar terlebih saat pembelajaran daring yang sedang diterapkan ataupun permasalahan lain seperti game online, permainan yang sangat disukai oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu, karakteristik keluarga, kelekatan dengan orang tua, regulasi diri, dan intensitas bermain game online terhadap keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain explanatory dengan melibatkan 220 mahasiswa sarjana. Penelitian berlokasi di Institut Pertanian Bogor dan pengambilan contoh dilakukan secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh mahasiswa memiliki kelekatan yang sedang pada ibu dan rendah pada ayah, serta memiliki regulasi diri yang sedang. Hampir separuh mahasiswa memiliki intensitas bermain game online yang sangat tinggi dan lebih dari separuh mahasiswa memiliki keterlibatan dalam pembelajaran yang rendah. Hasil uji regresi menunjukkan besar keluarga, kelekatan dengan orang tua, dan regulasi diri berpengaruh pada keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berkatagori rendah, maka peran kelekatan dengan orang tua dan regulasi disi sangat dibuutuhkan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran.id
dc.description.abstractStudent engagement is an academic success factor. Student engagement overcome boredom at study especially at online classes or any other cases like game online, students like the most. This study aims to analyze the influence of individual characteristics, family characteristics, parent attachment, self-regulation, and the intensity of playing online game toward engagement on learning. This study used an explanatory design by involving 220 undergraduate students of IPB University. The research was located at the IPB University and the sampling was done purposively. The results showed that more than half of the students had moderate attachment to parents and had moderate self-regulation. Nearly half of students have a very high intensity of playing online games and have low student engagement on learning. The results of the influence test showed that family size, parent attachment and self-regulation had an effect on student engagement on learning. Based on the study result in the low category of student engagement, the role of parent attachment and self-regulation is needed to incrase student engagement.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Kelekatan dengan Orang Tua, Regulasi Diri, dan Intensitas Bermain Game Online terhadap Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaranid
dc.title.alternativeInfluence of Parent Attachment, Self-Regulation, and Intensity of Playing Online Game toward Student Engagementid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordintensity of playing online gamesid
dc.subject.keywordparent attachmentid
dc.subject.keywordself-regulationid
dc.subject.keywordstudentsid
dc.subject.keywordstudent engagementid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record