Strategi Pengembangan Usaha Kedai Posisi Kopi Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC).
Abstract
Meningkatnya industri kedai kopi menjadi salah satu indikasi bahwa adanya
pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia. Posisi Kopi
merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Jakarta Timur. Penelitian ini
bertujuan untuk memetakan model bisnis saat ini, merumuskan strategi alternatif dan
membuat BMC baru untuk pengembangan usaha Posisi Kopi. Penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kanvas bisnis model dan
menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan dari sembilan elemen di
dalam business model canvas awal, dibentuk strategi alternatif sebagai strategi utama
dalam merumuskan BMC Posisi Kopi yang baru. Hasil dari penelitian adalah strategi
alternatif yang dapat dikembangkan Posisi Kopi yaitu fokus pada pembuatan jaringan
antar kedai kopi di sekitar Jakarta Timur, saluran pemasaran yang lebih terfokus, dan
pembuatan standar layanan sesuai dengan protokol kesehatan. Simpulan dan saran
adalah diperlukan strategi alternatif yang mampu mengintegrasikan seluruh elemen
BMC agar usaha bisa terus berkembang dan bertahan pada kondisi Covid-19 ini.
Collections
- UT - Agribusiness [4294]