Faktor Adopsi E-Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kluster Kuliner Kota Bogor.
View/ Open
Date
2020Author
Priyanto, Hery
Najib, Mukhamad
Septiani, Stevia
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini bisnis UKM sedang berkembang pesat di Kota Bogor, terutama UKM kluster kuliner. Persaingan ketat di era industri 4.0 membuat UKM kluster kuliner di Kota Bogor mulai menerapkan strategi pemasaran melalui internet yang disebut e-marketing agar dapat mencapai pertumbuhan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi jenis e-marketing yang paling banyak digunakan UKM kluster kuliner Kota Bogor, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-marketing UKM kluster kuliner Kota Bogor (3) mengidentifikasi pengaruh adopsi e-marketing terhadap kinerja UKM kluster kuliner Kota Bogor. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden UKM Kuliner di Kota Bogor. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square menggunakan program Smart-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan social media marketing merupakan jenis e-marketing yang paling banyak digunakan oleh UKM kluster kuliner Kota Bogor. Keuntungan relatif, dukungan manajemen puncak, kemampuan karyawan, lingkungan kompetitif, dan tekanan pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan adopsi e-marketing UKM kluster kuliner Kota Bogor. Selain itu terdapat pengaruh postif dan siginifikan adopsi e-marketing terhadap kinerja pemasaran UKM kluster kuliner Kota Bogor.
Collections
- UT - Management [3443]