Analisis Kapabilitas Inovasi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran UKM Bidang Kuliner di Kota Bogor
Abstract
Usaha kecil dan menengah bidang kuliner merupakan salah satu usaha yang
memerlukan inovasi untuk bertahan dalam menghadapi persaingan. Kapabilitas
inovasi menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kinerja pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi karakteristik UKM, (2)
menganalisis tingkat kapabilitas inovasi, (3) menganalisis pengaruh kapabilitas
inovasi terhadap kinerja pemasaran pada UKM bidang kuliner di Kota Bogor.
Sampel dalam penelitian ini adalah UKM bidang kuliner di Kota Bogor dengan
jumlah sebanyak 70 responden dengan metode purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan analisis tabulasi silang, analisis deskriptif, analisis inferensial dan
analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui
bahwa mayoritas karakteristik usaha kuliner di Kota Bogor termasuk dalam
kategori usaha kecil dan tingkat kapabilitas inovasi pada UKM bidang kuliner di
Kota Bogor termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda
menunjukkan bahwa variabel inovasi produk, inovasi proses dan inovasi organisasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Collections
- UT - Management [3333]