dc.description.abstract | Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) adalah koperasi
peternakan sapi perah yang bergerak pada sektor produksi susu sapi. Hingga kini,
sekitar 93,35% produknya dikirim secara eksklusif ke beberapa pabrik susu besar,
sedangkan sisanya digunakan untuk pelanggan akhir. Kondisi ini membawa
tekanan pada KPSBU dalam hal harga dan kondisi lainnya. Untuk meningkatkan
otonominya, KPSBU membutuhkan strategi dalam mengembangkan bisnisnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal-eksternal yang
akan mempengaruhi sistem bisnis KPSBU dan menawarkan rekomendasi
mengenai strategi untuk pengembangan bisnis. Penelitian ini menggunakan
aplikasi strategi pengembangan bisnis dengan metode kualitatif dan kuantitatif.
Pengolahan data menggunakan Evaluasi Faktor Eksternal dan Internal, tahap
pencocokan dengan analisis SWOT, dan tahap pengambilan keputusan
menggunakan metode QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
prioritas untuk KPSBU adalah dengan mengoptimalkan proses bisnis digital
(6.09), kemitraan dengan tujuan wisata untuk memasok produk susu (5.96), serta
memberikan pelatihan bagi peternak sapi perah dalam manajemen risiko (5.87). | id |