Show simple item record

dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorHarbani, Rahma Indina
dc.date.accessioned2020-11-11T02:27:51Z
dc.date.available2020-11-11T02:27:51Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103828
dc.description.abstractoleh konsumen untuk mempromosikan, melindungi, dan memperkuat haknya sebagai konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pencarian informasi, pengetahuan tentang undang-undang dan lembaga perlindungan konsumen, dan self-sufficiency konsumen terhadap perilaku konsumerisme di Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada data dari Kementrian Perdagangan RI yang berjudul “Hasil Pemetaan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) di Indonesia pada tahun 2016-2017”. Data penelitian ini berjumlah 2.100 data dengan pencarian informasi, pengetahuan konsumen, dan perilaku konsumerisme sebagai variabel. Analisis data yang digunakan adalah Independent Samples T-Test untuk uji beda jenis berdasarkan jenis kelamin dan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan LISREL 8.70. Penelitian ini menemukan bahwa Self-sufficiency, pengetahuan konsumen, perilaku konsumerisme, dan pencarian informasi pada laki-laki lebih baik daripada perempuan. Keduanya sama-sama berada pada tingkat kategori yang rendah, kecuali pada tingkat self-sufficiency konsumen. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pencarian informasi berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan konsumen. Namun, self-sufficiency tidak berpengaruh signifikan terhadap pencarian informasi. Hasil juga menemukan bahwa perilaku konsumerisme dipengaruhi oleh pencarian informasi dan self-sufficiency, tetapi tidak menemukan adanya pengaruh pengetahuan terhadap perilaku konsumerismenya. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi yang intensif lagi oleh pemerintah dan lembaga perlindungan konsumen untuk meningkatkan pengetahuan konsumen dan perilaku konsumerisme.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFamily and Consumer Sciencesid
dc.titlePengaruh Pencarian Informasi, Pengetahuan dan Self-sufficiency Konsumen terhadap Perilaku Konsumerisme di Indonesia.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordperilaku konsumerismeid
dc.subject.keywordpengetahuan konsumenid
dc.subject.keywordpencarian informasiid
dc.subject.keywordself-sufficiencyid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record