dc.description.abstract | Riset aksi merupakan suatu metode yang dirancang untuk menjawab
masalah dengan cara menentukan tindakan koreksi yang kemudian ditetapkan dan
diukur efektifitasnya melalui iterasi hingga diperoleh hasil tujuan. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang prototipe produk kopi celup dan merancang model
bisnis produk kopi celup. Penggunaan data primer diperoleh melalui wawancara
responden potensial dan konsumen potensial, dengan rentang umur mulai 22-32
tahun berjumlah 57 orang. Data literatur yang digunakan meliputi demografi
penduduk dan data konsumsi kopi Indonesia. Prototipe dan model bisnis terpilih
diperoleh melalui tes solusi beberapa fitur, yaitu penampakan produk, aroma
produk, tingkat kesolutifan terhadap masalah, kemasan produk, lokasi, cara
pemasaran, loyalitas konsumen terhadap produk kopi celup, dan saran untuk
produk. Prototipe Kopi celup dirancang mengunakan roasting profile yang telah
disesuaikan dengan karakternya yang cepat terekstraksi dan tidak membutuhkan
waktu seduh yang lama. Rancangan model bisnis produk kopi celup yang
diperoleh segmen pelanggan generasi milenial, dengan proposisi nilai yaitu
menarik, aroma kopi yang baik, rasa yang premium, dan harga terjangkau.
Penjualan dilakukan melalui online market place, kedai kopi, minimarket, serta
media online. | id |