Analisis Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur.
Abstract
Taman Wisata Lebah Madu Pramuka adalah pelopor wisata perlebahan di
Indonesia yang memberikan informasi secara lengkap mengenai kehidupan lebah
madu, dimana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan koloni lebah madu.
Peningkatan jumlah wistawan domestik yang datang ke Jakarta setiap tahun
merupakan peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh suatu objek wisata. Tujuan
penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik pengunjung, proses pengambilan
keputusan pengunjung dan menganalisis kepuasan pengunjung. Jumlah responden
dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengolahan data yang digunakan
adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA)
dan Analisis Gap. Berdasarkan hasil analisis CSI, tingkat kepuasan konsumen
terhadap atribut Taman Wisata Lebah Madu Pramuka adalah sebesar 82,94 persen.
Berdasarkan hasil analisis IPA dan analisis gap, ada tiga atribut pelayanan yang
harus segera diperbaiki, yakni kemudahan akses transportasi, ketersediaan dan
kebersihan toilet, dan penataan lokasi/layout.
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
