Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Dompet Elektronik OVO di Indonesia
Abstract
Aplikasi OVO merupakan layanan uang elektronik yang berfungsi sebagai
dompet elektronik melalui ponsel (mobile payment). Aplikasi ini menunjukkan
pertumbuhan yang cukup signifikan selama satu tahun terakhir. Basis pengguna
OVO dari tahun 2017-2018 telah tumbuh mencapai lebih dari 400%. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
penerimaan dompet elektronik OVO di Indonesia dengan pendekatan Technology
Acceptance Model. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan
kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling
dengan jumlah responden adalah 400 orang pengguna OVO di Indonesia. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.
Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan
pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan dari 10
hipotesis terdapat 2 hipotesis yang tidak signifikan. Faktor-faktor yang
memengaruhi niat untuk menggunakan OVO yaitu persepsi manfaat, persepsi
kemudahan, kepercayaan, sikap pengguna dan risiko.
Collections
- UT - Management [3442]