engaruh Literasi Keuangan dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Keuangan Siswa pada SMAN dengan Passing Grade Rendah dan Tinggi di Kota Bogor
Abstract
Literasi keuangan dan kontrol diri merupakan faktor penting dalam perilaku
keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan
dan kontrol diri terhadap perilaku keuangan siswa SMAN Kota Bogor. Penelitian
ini dilakukan di Bogor, Jawa Barat, dengan melibatkan 113 siswa IPA dan IPS dari
sekolah dengan passing grade tinggi dan rendah. Data dikumpulkan melalui metode
self-administered. Hasil diperoleh contoh memiliki tingkat literasi keuangan yang
terkategori sedang. Kontrol diri dan perilaku keuangan siswa berada pada kategori
rendah. Perbedaan signifikan ditemukan pada pengetahuan keuangan, sikap
keuangan, serta kontrol diri siswa antar sekolah. Hasil uji regresi menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif signifikan sikap keuangan dan kontrol diri
terhadap perilaku keuangan. Pengetahuan keuangan ditemukan tidak berpengaruh
terhadap perilaku keuangan.