Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Risiko terhadap Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan
Abstract
Kepedulian konsumen terhadap lingkungan tercermin pada perilaku
pembelian berbagai produk. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh
pengetahuan dan persepsi risiko terhadap pembelian produk kosmetik ramah
lingkungan (green consumer). Contoh penelitian dipilih secara purposive
sebanyak 150 konsumen kosmetik di Bogor dan pengumpulan data dilakukan
melalui online survey. Pengetahuan konsumen tentang produk ramah lingkungan
berada pada kategori sedang. Risiko keuangan adalah faktor yang dianggap paling
berisiko. Rata-rata jumlah jenis produk yang dibeli adalah 2 jenis produk dengan
frekuensi 1 kl/3 bln. Rata-rata pengeluaran untuk pembelian produk kosmetik
ramah lingkungan sebesar Rp350.000,00. Faktor yang memengaruhi frekuensi
pembelian adalah pendapatan dan pengetahuan. Setiap kenaikan satu satuan
pendapatan meningkatkan frekuensi pembelian sebesar 0,152 poin dan setiap
kenaikan satu satuan pengetahuan produk ramah lingkungan meningkatkan
frekuensi pembelian sebesar 0,194 poin. Faktor yang memengaruhi pengeluran
adalah pendapatan dan jenis kelamin. Setiap kenaikan satu satuan pendapatan
meningkatkan pengeluaran sebesar 0,336 poin dan kosumen perempuan
mempunyai peluang 0,165 poin lebih besar dibandingkan laki-laki dalam
pengeluaran produk kosmetik ramah lingkungan.