View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Kepribadian dan Persepsi Nilai Komplain terhadap Niat Komplain Konsumen Lanjut Usia pada Pelayanan Kesehatan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (21.78Mb)
      Date
      2019
      Author
      Ratmawati, Fiera Putri
      Yuliati, Lilik Noor
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pelayanan kesehatan yang kurang optimal membuat konsumen menjadi kecewa sehingga memunculkan keinginan untuk komplain. Niat tersebut akan memutuskan perilaku komplain yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepribadian dan persepsi nilai komplain terhadap niat komplain konsumen lansia pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Agustus 2019. Pengambilan contoh yang dilakukan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sebanyak 200 lansia yang berada di Kota Bogor dengan kriteria lansia yang berusia 60 tahun keatas, pengguna layanan kesehatan, bisa berkomunikasi dengan baik, dan tidak pikun. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara langsung menggunakan alat bantu kuesioner. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif menggunakan SPSS version 25 dan analisis SEM menggunakan AMOS version 22. Hasil penelitian menunjukkan jenis kelamin, pendidikan, dan status tinggal memiliki hubungan yang signifikan dengan niat komplain. Selain itu, penelitian ini menyimpulkam kepribadian berpengaruh positif signifikan terhadap niat komplain sedangkan persepsi nilai komplain tidak berpengaruh signifikan terhadap niat komplain.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101592
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [890]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository