Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Melalui kepuasan Konsumen Kedai Kopi Kulo Bogor.
Abstract
Peningkatan restoran di Kota Bogor dari tahun ke tahun membuat
persaingan antar restoran semakin ketat. Kedai Kopi Kulo merupakan salah satu
jenis restoran berbentuk kedai kopi yang perlu melakukan serangkaian
pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan
mempertahankan keberlangsungannya. Penelitian konsumen perlu dilakukan
untuk mengevaluasi bauran pemasaran (7P) yang selama ini telah
diimplementasikan Kedai Kopi Kulo. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
mengidentifikasi karakteristik konsumen pada Kedai Kopi Kulo di Bogor Tengah,
2) menganalisis bauran pemasaran yang memengaruhi kepuasan serta loyalitas
konsumen di Kedai Kopi Kulo Bogor Tengah. Analisis yang digunakan untuk
mengolah data pada penelitian ini, yaitu analisis deskriptif dan Structural
Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel laten
eksogen yang memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk kepuasan
konsumen adalah variabel produk, harga dan proses. Hasil dari penelitian berupa
implikasi manajerial disarankan untuk pihak manajemen Kedai Kopi Kulo di
Bogor Tengah guna memperbaiki kinerja perusahaan yang akan berdampak pada
peningkatan kepuasan dan loyalitas konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4550]