View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pendapatan dan Pemasaran Cengkeh di Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (30.57Mb)
      Date
      2019
      Author
      Primaretha, Rizky Dea
      Syaukat, Yusman
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tanaman cengkeh banyak dibudidayakan di Kabupaten Lampung Selatan, daerah sentra tanaman cengkeh terdapat di Kecamatan Rajabasa khususnya di Desa Tanjung Gading dan Desa Betung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi faktor-faktor produksi dan pendapatan usahatani cengkeh, serta menganalisis efisiensi pemasaran komoditas cengkeh di Kecamatan Rajabasa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, analisis pendapatan usahatani, dan analisis Structure, Conduct, Performance (SCP), analisis margin dan farmer’s share. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel jumlah pohon, pupuk, tenaga kerja panen & pascapanen, dan umur tanaman berpengaruh signifikan terhadap produksi cengkeh di Kecamatan Rajabasa. Usahatani cengkeh di Kecamatan Rajabasa pada tahun 2018 memberikan keuntungan sebesar 157% dari total biaya yang dikeluarkan, dalam perhitungan ini tidak memperhitungkan biaya dari awal penanaman hanya memperhitungkan biaya perawatan dalam satu tahun. Struktur pasar yang ada di Kecamatan Rajabasa mengarah pada struktur pasar oligopsoni dan didapatkan 3 saluran pemasaran, dari ketiga saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Rajabasa semua saluran pemasaran dapat dikatakan efisien karena memliki nilai margin pemasaran yang rendah dan farmer’s share yang tinggi. Saluran pemasaran yang paling baik ada pada saluran pemasaran III.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99738
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2339]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository