Pengaruh Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility Terhadap Implementasi Creating Shared Value.
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah komitmen perusahaan atau dunia bisnis dalam memberikan kontribusi terhadap ekonomi yang berkelanjutan dan menitikberatkan pada perhatian aspek ekonomi, sosial, serta lingkungan. PT Pagilaran UP Kaliboja menjadikan Creating Shared Value (CSV) sebagai program CSR dalam rangka meningkatkan produktivitas dari kebun teh petani plasmanya. Penelitian berdasarkan studi pada PT Pagilaran ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh tingkat keberhasilan program CSR terhadap impelentasi CSV sehingga dapat berpengaruh pada tingkat taraf hidup petani teh plasma binaan PT Pagilaran di Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan uji regresi linier dengan pemilihan responden secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keberhasilan program CSR dan tingkat implementasi CSV berada pada tingkat tinggi, dengan tingginya tingkat keberhasilan program CSR dan implementasinya terhadap CSV, diketahui berpengaruh juga terhadap taraf hidup dari petani teh plasma dengan kategori tingkat yang tinggi. Pada penelitian ini tingkat keberhasilan program CSR mempengaruhi tingkat implementasi CSV dan tingginya tingkat implementasi CSV berpengaruh pada taraf hidup petani teh peserta program CSR.