Efektivitas Promosi melalui Instagram Pada Ekowisata Dusun Bambu Family Leisure Park
Abstract
Para pelaku bisnis memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memasarkan
produknya melalui internet khususnya media sosial Instagram sebagai salah satu media
untuk promosi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan analisis efektivitas promosi
melalui instagram, menganalisis hubungan karakteristik followers dengan efektivitas
promosi menggunakan EPIC Model serta menganalisis hubungan tingkat keterdedahan
media sosial instagram dengan efektivitas promosi menggunakan EPIC Model. Penelitian
menggunakan metode survei dengan data kuantitatif berupa kuesioner yang didukung
oleh data kualitatif berupa wawancara mendalam dengan admin Instagram dan pengelola
ekowisata sebagai informan. Jumlah responden dalam penelitian adalah 100 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik pengunjung
dengan efektivitas promosi menggunakan EPIC Model dan tidak terdapat hubungan
antara tingkat keterdedahan media sosial Instagram dengan efektivitas promosi
menggunakan EPIC Model. Penelitian ini menunjukan bahwa Instagram merupakan
media yang efektif dalam mempromosikan kepada followers sehingga followers
melakukan kunjungan ke ekowisata Dusun Bambu Family Leisure Park.