Show simple item record

dc.contributor.advisorAdhi, Andriyono Kilat
dc.contributor.authorSetiowati, Tanti
dc.date.accessioned2019-07-01T02:24:14Z
dc.date.available2019-07-01T02:24:14Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98131
dc.description.abstractHarga salak yang fluktuatif dan perbedaaan harga pada tingkat petani dengan harga salak di tingkat konsumen yang relatif besar menyebabkan bagian yang diperoleh petani rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran dan efisiensi pemasaran salak di Kecamatan Madukara. Data-data diperoleh dari 23 petani dan lembaga pemasaran yang menjadi responden berjumlah 14 orang yang terdiri dari pedagang besar lokal, pedagang pengumpul, dan pedagang pengecer. Lokasi penelitian dipilih secara purposive dan pencarian lembaga pemasaran dilakukan secara snowball sampling. Efisiensi pemasaran diukur menggunakan marjiin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di Kecamatan Madukara terdapat tiga saluran pemasaran sebagai berikut: (1) petani-pedagang besar lokal-pedagang luar (Kramatjati); (2) petani-pedagang pengumpul-pedagang besar lokal-pedagang luar (Bandung) dan (3) petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer. Saluran pemasaran 1 dinyatakan lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran 2 dan saluran pemasaran 3.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBanjarnegara-Jawa Tengahid
dc.titleAnalisis Pemasaran Salak Pondoh di Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbiaya pemasaranid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordinformasiid
dc.subject.keywordsaluran pemasaranid
dc.subject.keywordsalakid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record