View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen untuk Membeli Produk melalui E-commerce

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.044Mb)
      Date
      2019
      Author
      Ariansyah
      Najib, Mukhamad
      Munandar, Jono M
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      E-commerce telah menjadi tren saat ini dalam menjalankan suatu bisnis karena penggunaannya mudah, cepat, dan fleksible sehingga banyak konsumen melakukan transaksi online untuk menjalankan bisnisnya atau memesan barang yang diinginkan. Dengan alasan ini konsumen beralih dari perdagangan tradisional ke e-commerce karena perdagangan tradisional dianggap memiliki kelemahan seperti jaraknya jauh, waktu yang dicapai sangat lama, dan barang yang diinginkan terkadang sulit didapat.Oleh karena itu, masalah ini merupakan sebagai faktor-faktor yang memengaruhi konsumen beralih ke e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik atau demografi konsumen. Dengan cara mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat konsumen untuk membeli produk melalui e-commerce dan perbedaan persepsi konsumen antara retail moderndan e-commerce Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada convenience sampling atau dikenal sebagai sampel aksidental. Convenience sampling ini terdiri dari jenis nonprobabilitas atau non random sampling dimana anggota populasi sasaran memenuhi kriteria tertentu, seperti aksesibilitas yang mudah,kedekatan geografis, ketersediaan pada waktu tertentu, atau kesediaan untuk berpartisipasi termasuk untuk tujuan penelitian (Dörnyei, 2007). Pengambilan sampel dilakukan di wilayah Jabotabek dalam rentang bulan Juli sampai September 2017 dengan jumlah 121 responden pengguna e-commerce. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku tidak memengaruhi yang signifikan terhadap niat membeli produk melalui e-commerce. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumen lebih memilih berbelanja di Mall dibandingkan dengan berbelanja online. Hal ini, karenakonsumen dapat melihat langsung barang yang diinginkan dan menikmati suasana nyaman sambil berekreasi. Disamping itu, juga terlihat bahwa sikap terhadap perilaku konsumen sangat memengaruhi terutama niat konsumen untuk membeli produk melalui online.Atas dasar analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat konsumen untuk membeli produk dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih cenderung memilih berbelanja barang yang diinginkan di mall dibandingkan melalui e-commerce.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97993
      Collections
      • MT - Economic and Management [3184]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository