Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen untuk Membeli Produk melalui E-commerce
Abstract
E-commerce telah menjadi tren saat ini dalam menjalankan suatu bisnis
karena penggunaannya mudah, cepat, dan fleksible sehingga banyak konsumen
melakukan transaksi online untuk menjalankan bisnisnya atau memesan barang
yang diinginkan. Dengan alasan ini konsumen beralih dari perdagangan
tradisional ke e-commerce karena perdagangan tradisional dianggap memiliki
kelemahan seperti jaraknya jauh, waktu yang dicapai sangat lama, dan barang
yang diinginkan terkadang sulit didapat.Oleh karena itu, masalah ini merupakan
sebagai faktor-faktor yang memengaruhi konsumen beralih ke e-commerce.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik atau demografi
konsumen. Dengan cara mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat
konsumen untuk membeli produk melalui e-commerce dan perbedaan persepsi
konsumen antara retail moderndan e-commerce
Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan
sampel yang didasarkan pada convenience sampling atau dikenal sebagai sampel
aksidental. Convenience sampling ini terdiri dari jenis nonprobabilitas atau non
random sampling dimana anggota populasi sasaran memenuhi kriteria tertentu,
seperti aksesibilitas yang mudah,kedekatan geografis, ketersediaan pada waktu
tertentu, atau kesediaan untuk berpartisipasi termasuk untuk tujuan penelitian
(Dörnyei, 2007). Pengambilan sampel dilakukan di wilayah Jabotabek dalam
rentang bulan Juli sampai September 2017 dengan jumlah 121 responden
pengguna e-commerce. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa norma
subjektif dan persepsi kontrol perilaku tidak memengaruhi yang signifikan
terhadap niat membeli produk melalui e-commerce.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumen lebih memilih
berbelanja di Mall dibandingkan dengan berbelanja online. Hal ini,
karenakonsumen dapat melihat langsung barang yang diinginkan dan menikmati
suasana nyaman sambil berekreasi. Disamping itu, juga terlihat bahwa sikap
terhadap perilaku konsumen sangat memengaruhi terutama niat konsumen untuk
membeli produk melalui online.Atas dasar analisis faktor-faktor yang
memengaruhi minat konsumen untuk membeli produk dapat disimpulkan bahwa
konsumen lebih cenderung memilih berbelanja barang yang diinginkan di mall
dibandingkan melalui e-commerce.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]