View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agricultural and Biosystem Engineering
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agricultural and Biosystem Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Modifikasi dan Uji Kinerja Kendaraan Roda Tiga Bertenaga Penggerak Motor Listrik.

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (22.54Mb)
      Date
      2019
      Author
      Hakim, Arif Rahman
      Desrial
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Meningkatnya jumlah penduduk akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan mode transportasi. Kepadatan penduduk yang tinggi dengan lebar jalan kecil mengakibatkan masyarakat sulit untuk mengakses ke beberapa titik di daerah pemukiman. Semakin berkurangnya energi fosil seperti bahan bakar menjadi permasalahan lain di masa depan. Oleh karena itu, dibutuhkan kendaraan yang dapat membawa penumpang dengan medan jalan yang kecil menggunakan tenaga penggerak motor listrik yang mana energinya dapat diisi kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah memodifikasi kendaraan roda tiga Viar Karya Bit 100 menjadi kendaraan bertenaga penggerak motor listrik dengan menggunakan rangka kendaraan Viar Karya Bit 100 dan melakukan pengujian kinerjanya. Kriteria desain kendaraan adalah mampu membawa dua penumpang serta satu pengemudi, beroperasi pada jalanan datar atau jalan dengan kemiringan maksimal 10o dengan kecepatan maksimal 30 km/jam. Komponen utama yang digunakan pada kendaraan adalah rangka utama, gardan, ban, kabin, controller, converter, baterai, dan motor BLDC. Spesifikasi motor listrik dan baterai yang digunakan adalah 1.5 kW 3600 rpm dan 5 buah baterai 12V 20Ah. Berdasarkan hasil simulasi Solidworks 2016, bahan yang digunakan aman untuk beroperasi karena tegangan maksimal yang terjadi lebih kecil dari tegangan izin bahan. Hasil menunjukan bahwa daya jelajah maksimal kendaraan adalah 10.9 km pada kondisi jalan yang didominasi jalan datar. Kecepatan maksimal kendaraan yang dapat ditempuh adalah sebesar 26.8 km/jam pada kondisi kecepatan high dan differential high pada jalan datar tanpa penumpang.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97768
      Collections
      • UT - Agricultural and Biosystem Engineering [3592]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository