View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Talas Satoimo di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

      Thumbnail
      View/Open
      full teks (29.66Mb)
      Date
      2018
      Author
      Mulyani, Nur
      Hadianto, Adi
      Amanda, Dea
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Komoditas talas merupakan salah satu sub tanaman sektor tanaman pangan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Daerah penghasil talas terbesar di Kabupaten Bogor adalah Kecamatan Tamansari. Desa Sukajadi adalah salah satu desa di Kecamatan Tamansari dengan produksi tertinggi, namun hal tersebut tidak diiringi dengan pemasaran yang baik sehingga harga dan pendapatan petani yang rendah. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dianalisis kelayakan usahatani dan sistem pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendapatan usahatani, mengidentifikasi lembaga, saluran, fungsi pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran talas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan usahatani, analisis marjin pemasaran, farmer`s share dan B/C ratio. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani atas biaya tunai sebesar Rp 16.13 juta/ha dan pendapatan petani atas biaya total sebesar Rp 9.07 juta/ha dengan R/C atas biaya tunai dan R/C atas biaya total masing-masing sebesar 2.12 dan 1.42. Nilai tersebut menunjukkan bahwa usahatani talas di Desa Sukajadi menguntungkan bagi petani. Terdapat tiga saluran pemasaran talas yang terdiri dari petani,pedagang pengepul desa, pedagang besar, pedagang pasar dan eceran. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fisik dan fasilitas. Efisiensi pemasaran dapat dilihat dari dua sisi, yaitu petani dan pedagang. Pada sisi petani, saluran 3 (petani-pedagang pengepul desa-pedagang eceran) merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai marjin pemasaran terendah dan farmer’s share tertinggi. Pada sisi pedagang, saluran 2 (petani-pedagang pengepul desa-pedagang besar-pedagang eceran) merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai rasio keuntungan dan biaya tertinggi.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96333
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1576]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository