dc.contributor.advisor | Hutagaol, Manuntun Parulian | |
dc.contributor.author | Fadila, Anisa Rizki | |
dc.date.accessioned | 2019-01-22T04:32:37Z | |
dc.date.available | 2019-01-22T04:32:37Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96284 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan aspek penting dalam menentukan kualitas sumber
daya manusia dan diharapkan mampu mengatasi kemiskinan di Indonesia. Namun
faktanya, pendidikan tidak mampu berperan secara langsung dalam mengatasi
kemiskinan melainkan secara tidak langsung melalui penyerapan tenaga kerja serta
pertumbuhan ekonomi. Adanya kesenjangan antar wilayah Jawa dan luar Jawa
menyebabkan tingginya migrasi yang masuk ke wilayah Jawa saat ini, padahal
lapangan pekerjaan yang tersedia sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pengaruh pendidikan terhadap kemiskinan, mengkaji perbedaan pengaruh
pendidikan terhadap kemiskinan di wilayah Jawa dan luar Jawa, serta memberikan
masukan mengenai kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk
meningkatkan efektivitas pendidikan dalam mengurangi kemiskinan. Penelitian ini
menggunakan model ekonometrika dalam bentuk persamaan simultan dengan
metode 2SLS (Two Stages Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendidikan lebih efektif menurunkan kemiskinan di wilayah Jawa dibandingkan
dengan wilayah luar Jawa, karena didukung oleh struktur perekonomian modern. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | Bogor Agriculture University (IPB) | id |
dc.subject.ddc | Economics | id |
dc.subject.ddc | Poverty | id |
dc.subject.ddc | 2017 | id |
dc.subject.ddc | Bogor-Jawa Barat | id |
dc.title | Membandingkan Pengaruh Pendidikan terhadap Kemiskinan di Wilayah Jawa dan Luar Jawa serta Implikasi Kebijakannya. | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | kemiskinan | id |
dc.subject.keyword | pendidikan | id |
dc.subject.keyword | penyerapan tenaga kerja | id |
dc.subject.keyword | pertumbuhan ekonomi | id |
dc.subject.keyword | 2SLS (Two Stages Least Square) | id |