View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Multidiciplinary Program
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Multidiciplinary Program
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Evaluasi Kebijakan Sistem Manajemen Kebersihan Dan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rsud R Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi)

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (17.82Mb)
      Date
      2018
      Author
      Suryati, Dewi Ardian
      Amin, Akhmad Arif
      Mulatsih, Sri
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rumah sakit yang tidak bersih berpotensi menjadikan kontra-sehat bagi masyarakat. Bahan dan alat bekas penanganan pasien penyakit menular yang tercecer menjadi media penularan penyakit. RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi berdiri di pusat Kota Sukabumi, kawasan padat penduduk dan memiliki kapasitas sangat besar yaitu 480 tempat tidur sehingga kebersihan rumah sakit sangat penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kebijakan dan penerapan sistem manajemen kebersihan dan pengelolaan limbah dengan peraturan pengelolaan lingkungan, menganalisis tingkat kepuasan stakeholder, dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan (kualitas pelayanan apa saja yang harus ditingkatkan dan diprioritaskan). Metode Penelitian yang digunakan adalah kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pedoman wawancara menghasilkan data kualitatif dikombinasikan dengan instrumen skala pengukuran rating scale menghasilkan data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi) dan dilanjutkan dengan analisis data kuantitatif dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil Penelitian menunjukkan, kebijakan dan penerapan sistem manajemen kebersihan dan pengelolaan limbah belum sesuai dengan peraturan pengelolaan lingkungan, dibuktikan dengan adanya gap yaitu pengelolaan kebersihan di ruangan masih disamakan dan pengambilan sampel laboratorium yang tidak sesuai prosedur. Secara keseluruhan stakeholder merasa puas (83,5%) terhadap kinerja kebersihan dan pengelolaan limbah di RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Kualitas pelayanan yang harus diprioritaskan adalah kebersihan lantai dan dinding kamar mandi menggunakan disinfektan, tersedia bak/ penampungan air tertutup dan dibersihkan setiap hari, kebersihan kloset kamar mandi, kebersihan ruangan pasien dan bantuan petugas kebersihan jika dibutuhkan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95412
      Collections
      • MT - Multidiciplinary Program [1941]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository