Evaluasi Kebijakan Sistem Manajemen Kebersihan Dan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rsud R Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi)
View/ Open
Date
2018Author
Suryati, Dewi Ardian
Amin, Akhmad Arif
Mulatsih, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Rumah sakit yang tidak bersih berpotensi menjadikan kontra-sehat bagi
masyarakat. Bahan dan alat bekas penanganan pasien penyakit menular yang
tercecer menjadi media penularan penyakit. RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota
Sukabumi berdiri di pusat Kota Sukabumi, kawasan padat penduduk dan memiliki
kapasitas sangat besar yaitu 480 tempat tidur sehingga kebersihan rumah sakit
sangat penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan
kebijakan dan penerapan sistem manajemen kebersihan dan pengelolaan limbah
dengan peraturan pengelolaan lingkungan, menganalisis tingkat kepuasan
stakeholder, dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan (kualitas pelayanan apa
saja yang harus ditingkatkan dan diprioritaskan).
Metode Penelitian yang digunakan adalah kombinasi penelitian kualitatif
dan kuantitatif. Pedoman wawancara menghasilkan data kualitatif dikombinasikan
dengan instrumen skala pengukuran rating scale menghasilkan data kuantitatif.
Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi) dan dilanjutkan dengan analisis data
kuantitatif dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil Penelitian menunjukkan, kebijakan dan penerapan sistem
manajemen kebersihan dan pengelolaan limbah belum sesuai dengan peraturan
pengelolaan lingkungan, dibuktikan dengan adanya gap yaitu pengelolaan
kebersihan di ruangan masih disamakan dan pengambilan sampel laboratorium
yang tidak sesuai prosedur. Secara keseluruhan stakeholder merasa puas (83,5%)
terhadap kinerja kebersihan dan pengelolaan limbah di RSUD R. Syamsudin, S.H.
Kota Sukabumi. Kualitas pelayanan yang harus diprioritaskan adalah kebersihan
lantai dan dinding kamar mandi menggunakan disinfektan, tersedia bak/
penampungan air tertutup dan dibersihkan setiap hari, kebersihan kloset kamar
mandi, kebersihan ruangan pasien dan bantuan petugas kebersihan jika
dibutuhkan.