View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Nilai Ekonomi dan Strategi Pengembangan Wisata Kebun Binatang Bandung.

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (36.07Mb)
      Date
      2018
      Author
      Afif, Tito Luthfi Athaya
      Ismail, Ahyar
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kota Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki alam dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Tempat wisata di salah satu kota di Bandung yang banyak diminati wisatawan adalah Kebun Binatang Bandung. Namun seiring perkembangan jaman, jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan. Penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini dapat berpengaruh terhadap penurunan pengelolaan kebun binatang tersebut yang berdampak pada turunnya nilai ekonomi kawasan wisata. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan wisata Kebun Binatang Bandung. (2) Mengestimasi nilai ekonomi untuk keberlanjutan kawasan wisata Kebun Binatang Bandung. (3) Menganalisis strategi pengembangan wisata Kebun Binatang Bandung. Perlu dilakukan strategi pengelolaan terhadap wisata Kebun Binatang Bandung. Alat analisis penelitian menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Travel Cost Method (TCM), serta Matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Faktor-Faktor yang mempengaruhi permintaan wisata Kebun Binatang Bandung adalah total biaya perjalanan/individu, pendidikan, jarak tempuh, dan lama mengetahui. Nilai Ekonomi yang didapat dari kawasan wisata Kebun Binatang Bandung berdasarkan perhitungan TCM adalah sebesar Rp. 17.319.952.718,68 dan rata-rata surplus konsumen per indvidu per kunjungan sebesar 33.689,33. Analisis strategi pengembangan wisata yang menjadi prioritas utama untuk dilaksanakan oleh pengelola Kebun Binatang Bandung adalah mempertahankan dan meningkatkan ciri khas yang dimiliki Kebun Binatang Bandung, melakukan inovasi agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dan meningkatkan kualitas dan jumlah SDM.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94802
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1594]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository