Strategi Promosi Rumah Tempe Indonesia, Bogor
Abstract
Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang dikenal sejak berabad-abad
yang lalu. Bagi masyarakat Indonesia, saat ini tempe masih menjadi pilihan sebagai
sumber protein. Sayangnya, masih banyak pengrajin tempe di Indonesia yang
belum memenuhi bahkan memperhatikan standar pembuatan tempe ini. Hal ini
membuat tempe dipandang sebagai makanan kelas bawah. Rumah Tempe
Indonesia (RTI) berusaha memperbaiki citra tempe sebagai makanan sehat juga
bisa diproduksi dengan cara yang baik pula, sehingga tempe yang dihasilkan
merupakan makanan yang berkualitas. RTI memiliki visi mendorong perubahan
dan memperbaiki kualitas dan citra tempe. Untuk itu, RTI perlu strategi promosi
yang tepat agar visi dan misinya tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk
merumuskan dan merekomendasikan strategi promosi yang paling tepat untuk RTI
dengan mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah matriks SWOT dan AHP. Dihasilkan empat
alternatif strategi dari matriks SWOT. Strategi WO: optimalisasi media sosial
dengan melibatkan FTI dan konsumen merupakan alternatif dengan bobot tertinggi
berdasarkan pengolahan AHP. Strategi ini yang kemudian menjadi rekomendasi
strategi promosi bagi RTI.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]