dc.description.abstract | Saat ini kopi merupakan bagian dari gaya hidup. Kopi merupakan kebutuhan
primer bagi beberapa orang. Banyak kedai kopi yang telah berdiri di Kota Bogor, salah
satunya adalah Popolo Coffee. Tingginya tingkat persaingan di antara kedai kopi
megharuskan Popolo Coffee mempersiapkan diri untuk bersaing dengan kedai kopi
lainnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis dan merumuskan
strategi pemasaran terbaik bagi Popolo Coffee berkaitan dengan lingkungan internal
dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE,
matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Matriks IFE dan EFE
menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kondisi internal yang baik dan kondisi
eksternal rata-rata. Matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada sel IV
(Tumbuh dan Bina). Matriks SWOT merumuskan lima alternatif strategi. Strategi
prioritas utama adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan
pelayanan untuk menjaga loyalitas konsumen. | id |