Analisis Pemasaran Cabai Rawit Hijau (Capsicum frutescens) di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur,
View/ Open
Date
2018Author
Napitupulu, Darrin Christy Kusumaningrum
Asmarantaka, Ratna Winandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Cabai rawit hijau merupakan salah satu dari komoditas hortikultura yang
sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia dan memberikan rasa pedas yang
khas. Harga cabai rawit di pasaran cenderung fluktuatif dan menghasilkan marjin
pemasaran yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem
pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran, dan rekomendasi saluran pemasaran yang
relatif efisien. Hasil penelitian menyatakan terdapat empat saluran pemasaran
yang terbentuk dengan tujuan pasar yang berbeda. Saluran I, II, dan III, memiliki
tujuan pasar daerah Bogor dan saluran IV memiliki tujuan pasar lokal.
Berdasarkan perbedaan lokasi ini, saluran yang dapat dibandingkan (ekivalen)
adalah saluran I, II, dan III sedangkan saluran IV tidak dapat dibandingkan karena
adanya perbedaan biaya yang dikeluarkan lembaga pemasaran akibat perbedaan
lokasi. Berdasarkan analisis pada saluran yang ekivalen, saluran pemasaran yang
relatif efisien adalah saluran II dengan marjin pemasaran Rp11 611.11/kg,
farmer’s share 63.13 persen, dan rasio π/C 1.95. Indikator yang digunakan untuk
menentukan saluran yang relatif efisien adalah marjin pemasaran, rasio
keuntungan terhadap biaya, daya serap komoditas, fungsi-fungsi pemasaran,dan
perilaku antar lembaga pemasaran.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]