Efektivitas Bauran Komunikasi Pemasaran pada Produk Donat Talas “Dolas” Bogor.
View/ Open
Date
2018Author
Asyari, Dea Kandita Hana Karisma
Kusumastuti, Yatri Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai permasalahan sehingga menyebabkan lemahnya daya saing. Permasalahan penting yang sering dihadapi UMKM adalah kemampuan membaca kebutuhan pasar yang masih belum tajam dan pemasaran produk yang masih sederhana yakni hanya dengan mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Donat Talas “Dolas” Bogor merupakan salah satu UMKM yang memasarkan produk olahan hasil pertanian dengan memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran melalui bauran komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dari karaktersitik konsumen dan ragam bauran komunikasi pemasaran dengan efektivitas bauran komunikasi pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori yang menggunakan pendekatan kuantitatif didukung dengan data kualitatif untuk melengkapi data dan informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Donat Talas “Dolas” Bogor umumnya didominasi oleh konsumen perempuan dengan kategori usia dewasa awal. Mayoritas dari konsumen tersebut berstatus sebagai mahasiswa dan ibu rumah tangga. Mayoritas konsumen Donat Talas “Dolas” Bogor memiliki penilaian yang cenderung rendah terhadap aktivitas bauran komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Donat Talas “Dolas” Bogor.