Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Chick N Tea Dramaga, Bogor, Jawa Barat
Abstract
Persaingan antar restoran semakin tinggi karena berkunjung ke restoran telah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses keputusan pembelian dan kepuasan konsumen Chick n Tea sehingga dapat dirumuskan rekomendasi perbaikan atribut restoran. Data diperoleh dari 110 responden dengan metode convenience sampling serta diteliti dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Chick n Tea berjenis kelamin perempuan, berusia 17-25 tahun, berdomisili di Bogor, belum menikah, berprofesi sebagai pelajar, dan berpendapatan per Rp 500.000-1.500.000. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen adalah sebesar 73,85 persen dan atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah keramahan dan kesopanan karyawan, kesigapan karyawan, kenyamanan dan kebersihan tempat serta ketersediaan fasilitas toilet, wastafel, dan mushola karena tingkat kepentingannya tinggi namun kinerjanya masih kurang baik.
Collections
- UT - Agribusiness [4357]