View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Dampak Pembangunan Jalan Tol terhadap Nilai Lahan dan Bangunan serta Sustainable Livelihood Masyarakat Desa Cimande Hilir (Studi Kasus: Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi I, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (33.62Mb)
      Date
      2017
      Author
      Muttaqin, Ilman
      Nindyantoro
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pertumbuhan ekonomi dapat didorong dengan pembangunan infrastruktur yang mengorbankan sumber daya alam. Salah satu infrastruktur yang kini menjadi salah satu program prioritas pemerintah adalah pembangunan jalan tol dimana memerlukan lahan sebagai salah satu input utama. Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I akan membentang sepanjang 15.35 km. Salah satu tahapan guna mewujudkan pengerjaan proyek ini adalah pembebasan lahan dan bangunan. Desa Cimande Hilir merupakan salah satu desa yang tergusur oleh proyek ini. Analisis persepsi responden menggunakan skoring dengan metode Likert. Analisis nilai lahan dan bangunan menggunakan metode Hedonic Pricing Method dimana dipengaruhi oleh tiga variabel yakni lama menetap, jarak rumah ke pasar dan tahun pencairan dana. Nilai rataan bangunan yang diperoleh yakni sebesar Rp 452151.76/m2. Analisis sustainable livelihood menggunakan kerangka dari Departement for International Development yang mempertimbangkan human capital, social capital, natural capital, physical capital dan financial capital demi menunjang keberlanjutan nafkah masyarakat. Proyek ini memiliki pengaruh yang berbeda-beda dimana secara keseluruhan mendapatkan nilai 79.13 dari sebelumnya sebesar 77.37 dan tergolong ke dalam status baik, artinya proyek pembangunan jalan tol ini memberikan peluang untuk dapat melanjutkan dan meningkatkan keberlanjutan nafkah masyarakat.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90828
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1575]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository