View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Economics and Development Studies
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Economics and Development Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Produk Roti dalam Pola Konsumsi Pangan dan Keberadaan Label Halal dalam Keputusan Konsumsi Masyarakat (Kasus: Kota Bogor).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (20.95Mb)
      Date
      2017
      Author
      Rizka, Silmy Kania
      Purnamadewi, Yeti Lis
      Hasanah, Neneng
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Data BPS atau Badan Pusat Statistik (2015) menunjukkan bahwa dalam pola konsumsi pangan masyarakat, terjadi peningkatan rata – rata konsumsi roti yang signifikan dibandingkan dengan peningkatan rata – rata konsumsi nasi. Namun, peningkatan konsumsi roti tidak diimbangi dengan peningkatan kepedulian produsen untuk memiliki sertifikat halal. Produk yang telah memiliki sertifikat halal hanya sekitar 11.6% dari total produk yang ada di Indonesia (LPPOM MUI). Label halal pada produk roti merupakan hal yang sangat penting dan mendesak, karena beberapa bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatan produk roti berada pada titik kritis keharaman (Apriyantono 2009). Mengkonsumsi makanan halal lagi baik (thoyyib) merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim (Al – Baqarah: 168). Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik konsumen produk roti, mengkaji konsumsi produk roti dalam pola konsumsi pangan masyarakat, menganalisis persepsi konsumen mengenai keberadaan label halal dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk roti berlabel halal dan menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi keputusan konsumsi produk roti berlabel halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik dan deskriptif kualitatif. Data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada sampel rumah tangga muslim golongan pendapatan rendah, sedang dan tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik sosial ekonomi rumah tangga antar golongan pendapatan. Produk roti merupakan sumber karbohidrat kedua setelah beras dan semakin tinggi golongan pendapatan, maka semakin tinggi juga tingkat konsumsinya. Berdasarkan persepsi, keberadaan label halal dalam kemasan produk roti merupakan pertimbangan utama dalam keputusan pembelian produk roti bagi sebagian besar konsumen rumah tangga, namun persepsi dan fakta pembelian belum konsisten. Hasil analisis regresi logistik menunjukan bahwa variabel halal awareness, lama pendidikan, dummy asal dan dummy golongan pendapatan bawah berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumsi produk roti.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90813
      Collections
      • UT - Economics and Development Studies [2495]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository