Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Pengemudi Ojek Online Uber terhadap Bank Syariah di Bogor Raya.
View/ Open
Date
2017Author
Alfarisy, Muhammad Hafidz
Rindayati, Wiwiek
Romli
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan aplikasi ojek online berkembang pesat di Indonesia, diantaranya adalah Perusahaan Go-Jek, Grab, dan Uber. Perusahaan yang memiliki jumlah unduhan dan penilaian terbanyak adalah Uber. Perusahaan Uber mewajibkan setiap karyawannya untuk memiliki rekening bank sebagai sarana pembayaran gaji. Hal ini berpotensi pada peningkatan nasabah bank dan jumlah dana pihak ketiga. Pengemudi Uber dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan bank syariah atau bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi dan preferensi Pengemudi Uber di Bogor Raya terhadap bank syariah dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan metode regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi atau tanggapan dari Pengemudi Uber terhadap bank syariah dengan rata-rata nilai terbesar terdapat pada faktor kepercayaan terhadap bank. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang signifikan memengaruhi preferensi Pengemudi Uber di Bogor Raya dalam memilih bank syariah adalah variabel pengetahuan, pelayanan, kepercayaan, fasilitas, dan pendidikan.