dc.description.abstract | Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh dalam penggunaan
internet dalam pemasaran produk. Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di
Indonesia terus naik seiring dengan bertumbuhnya pengguna internet yang
mencapai 82 juta orang atau sekitar 30% dari jumlah penduduk. Hal ini
dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memasarkan produknya,
sehingga mendapatkan keuntungan kompetitif di dalam lingkungan makro. Amiri
Bogor, sebagai salah satu perusahaan sektor pertanian yang memasarkan
produknya dengan memanfaatkan internet marketing. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal usaha
pemasaran bibit tanaman hortikultura tahunan Amiri Bogor, merumuskan
alternatif strategi, dan memprioritaskan strategi. Alat analisis yang digunakan
adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, dan QSPM. Hasil Matriks IFE
dan EFE menunjukkan bahwa usaha pemasaran Amiri Bogor memiliki kondisi
internal yang kuat dan usaha ini memiliki posisi yang cukup kuat untuk merespon
lingkungan eksternal. Delapan alternatif strategi yang dihasilkan berdasarkan
Matriks SWOT dan strategi prioritas utama yang dihasilkan melalui Analisis
QSPM, yaitu mengoptimalkan networking perusahaan melalui email marketing. | id |