dc.description.abstract | PT. Madu Pramuka merupakan pelopor dalam perlebahan modern di
Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk dari lebah madu. Tujuan
penelitian adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan
strategi pemasaran, dan menentukan prioritas strategi pemasaran produk Madu
Pramuka. Metode penelitian menggunakan analisis IFE, EFE, matriks IE, SWOT,
dan analisis QSPM. Dari analisis matriks IE, PT. Madu Pramuka berada pada
kuadran V yaitu menjaga dan mempertahankan dengan strategi penetrasi pasar
dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT terdapat 7 alternatif strategi : (1)
meningkatkan jumlah tenaga penjualan, (2) membuat paket promosi terapi dan
wisata lebah, (3) bekerjasama dengan stakeholder untuk pengembangan produk,
(4) meningkatkan teknologi untuk peningkatan kualitas mutu madu, (5)
mengoptimalkan pengelolaan website sebagai sarana informasi dan pemasaran, (6)
memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen melalui keaslian madu, (7)
menerapkan diskon pembelian madu untuk segmen pasar yang dituju. Dari hasil
QSPM, prioritas strategi untuk diterapkan perusahaan yaitu meningkatkan jumlah
tenaga penjualan dengan nilai STAS sebesar 5.77. | id |