Analisis Kepuasan Konsumen Kedai Mimicucu di Kota Bogor, Jawa Barat
View/ Open
Date
2017Author
Utpa, Ferlly Yastinsan
Amarantaka, Ratna WInandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kedai Mimicucu merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang menyediakan susu sebagai menu utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dan kepuasan konsumen serta memberi rekomendasi perbaikan kinerja untuk meningkatkan kepuasan konsumen Kedai Mimicucu. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, diskonfirmasi harapan, dan Expectation Performance Analysis (EPA). Berdasarkan penelitian, mayoritas konsumen Kedai Mimicucu memutuskan berkunjung karena sekedar ingin mencoba, ajakan berkumpul oleh teman, dan lokasi strategis yang mudah dicapai. Berdasarkan analisis diskonfirmasi harapan, indeks kepuasan konsumen terhadap atribut Kedai Mimicucu adalah 0.97 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan konsumen Kedai Mimicucu berada pada kategori negative disconfirmation atau mendekati netral karena hanya kurang 0.03 untuk mencapai angka 1. Pada diagram EPA terdapat beberapa atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya agar kepuasan konsumen menjadi puas, yaitu cita rasa makanan dan minuman, ketersediaan menu, kemampuan berkomunikasi pramusaji, kecepatan penyajian, kesigapan dalam merespon keluhan, kemudahan akses informasi, ketersediaan dan kebersihan toilet, dan promosi.
Collections
- UT - Agribusiness [4258]