dc.description.abstract | Inti Agrowisata merupakan salah satu perusahaan agrowisata di Kota Bogor
yang menawarkan sarana rekreasi berbasis edukasi pertanian. Saat ini, agrowisata
ini masih kurang berkembang, yang ditandai dengan tingkat kunjungan wisata
yang rendah. Oleh karena itu, perusahaan berupaya untuk melakukan
pengembangan dalam bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi model bisnis saat ini, mengevaluasi dan merancang perbaikan
model bisnis baru dengan pendekatan model bisnis kanvas. Responden dalam
penelitian ini adalah 3 orang dari pihak internal Inti Agrowisata, yaitu manajer
umum, manajer produksi, dan manajer keuangan. Metode analisis bersifat
kualitatif, yang terdiri atas analisis deskriptif dan analisis SWOT. Analisis
deskriptif diolah berdasarkan elemen model bisnis kanvas. Penelitian ini
menghasilkan model bisnis yang sedang berjalan dan perbaikan model bisnis
berdasarkan rumusan strategi. Strategi yang dihasilkan menciptakan proposisi
nilai baru yaitu pengemasan agrowisata dengan icon jambu kristal, disertai
perbaikan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aktivitas manajerial. | id |