Metode Shapley Value Regression dan Proportional Marginal Variance Decomposition dalam Analisis Kepentingan Relatif (Studi Kasus Kepuasan Nasabah terhadap Perusahaan Asuransi XYZ Tahun 2014).
View/ Open
Date
2017Author
Prahesti, Kiki Margareta
Sartono, Bagus
Aidi, Muhammad Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada penelitian ini, metode shapley-value regression dan proportional
marginal variance decomposition diterapkan pada data kepuasan nasabah
Perusahaan Asuransi XYZ tahun 2014 untuk mengetahui tingkat ukuran
kepentingan relatif dari 6 faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Total
keragaman model yang dihasilkan sebesar 61.78%. Berdasarkan kedua metode
tersebut, faktor yang paling penting dalam mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu
kualitas proses aplikasi kredit, staf sales officer dan paket kredit. Kestabilan hasil
penduga ukuran kepentingan relatif untuk kedua metode tersebut dapat dilihat
dengan menggunakan selang kepercayaan bootstrap. Evaluasi dari selang
kepercayaan bootstrap menyatakan bahwa kualitas proses aplikasi kredit
merupakan faktor yang memiliki kontribusi paling besar dan berbeda nyata dengan
faktor lain. Kualitas staf sales officer dan paket kredit memiliki kontribusi lebih
kecil dibandingkan dengan kualitas proses aplikasi kredit dan pengaruhnya tidak
berbeda nyata.